22 October 2024

Yayasan Islam Nurul Madinah

Al-Madinah Pekanbaru

Pengawasan Akademik

NoASPEKTUJUANINDIKATOR KEBERHASIL ANTEKNIK SUPERVISISKENARIO KEGIATANSUMBER DAYA YANG DIPERLUKA NPENILAIAN DAN INSTRUME NRENCANA TINDAK LANJUT
1Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran .Membantu guru                dalam menyusun RPP                         revisi K13 tahun 2017 berbasis 4C                    dan scientifik.85%                                  Guru terampil menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)                     revisi K13 tahun 2017 berbasis 4C dan scientifik.Kunjungan kelas, observasi dan wawancara dokumen, serta Pembinaan                        di MGMPPengawas melakukan supervisi perangkat pembelajaran guru di tiap-tiap sekolah binaan, mencatat temuan-temuan, mengevaluasi, mengarahkan hasil temuan, membina perbaikan dalam penyusunan selanjutnya, dan memantau secara berkelanjutan.Guru di tiap- tiap sekolah yang dikunjungi untuk di supervisi sesuai jadwal kunjungan ke sekolah binaanInstrumen penilaian kemampuan Guru dalam PBM dan Instrumen pemberian arahan dalam KBM Instrumen pelaksanaan pemberian contoh dalam KBM, format telaah RPPGuru yang kurang mampu dibina dan diarahkan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Guru yang yang terbaik dijadikan guru model untuk teman- temannya, menularkan kepada rekannya di MGMP
2.Pelaksanaan proses belajar mengajarMembantu guru              dalam meningkatkan kualitas pemilihan dan penggunaan strategi/ metode                  dan teknik pembelajaran, dalam pembelajaran berbasis saintifik.85%                   Guru terampil memilih                         dan melaksanakan metode / strategi /                 teknik pembelajaran yang tepat untuk mempermudah siswa menguasai pencapaian KD, menggunakan pendekatan saintifik.Kunjungan kelas Observasi                      dan wawancara, serta pembinaan di MGMPPengawas melakukan kunjungan kelas, mensupervisi pelaksanan PBM                    yang dilakukan guru, mencatat temuan-temuan, mengevaluasi, mengarahkan dan membina untuk perbaikan di                  waktu selanjutnya.Guru                   kelas yang dikunjungi sesuai              jadwal kunjungan pengawas sekolah.Instrumen penilaian kemampuan guru              dalam KBM            II (IPKG II) Instrumen pemberian arahan dalam KBM Instrumen pelaksanaan contoh dalam KBM,                  dan instrumen telaah pelaksanaan pembelajaran.Guru           yang lemah                  dalam pemilihan                    dan penggunaan metode/strategi pembelajaran, dibina                         dan diarahkan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Guru                     yang memiliki kelebihan dalam PBM            dijadikan guru               model untuk melakukan simulasi                  di MGMP.
3Pelaksanaan penilaian berbasis kelasMembina guru dalam pelaksanaan penilaian otentik dan memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan mutu pendidikan  dan pembelajaran/ bimbingan tiap lingkup pengembangan matapelajaran di SD85%                   Guru melakasanakan penilaian otentik dengan                   baik, sehingga proses dan hasil belajar siswa meningkat dalam pembelajaran di kelasKunjungan kelas. Analisis dokumen/Data. Pembinaan                        di MGMPPengawas melaku-kan kunjungan kelas, melakukan observasi                     dan wawancara dengan guru,  melihat dokumen pranngkat penilaian otentik dalam                 proses dan hasil belajar siswa, mencatat temuan, mengevaluasi, mengarahkan dan membina untuk peningkatan selanjutnyaGuru BK yang dikunjungi sesuai              jadwal kunjungan pengawas sekolah.Instrumen penilaian kemampuan guru              dalam PBM Instrumen pendataan hasil penilaian otentik                 hasil belajar siswa, pengolahan dan analisisnya, serta program tindak               lanjut guru dalam pembelajatanGuru           yang lemah                  dalam proses penilaian otentik diarahkan                   dan dibina                   secra terus-menerus dan berkelanjutan.