No | ASPEK | TUJUAN | INDIKATOR KEBERHASILAN | TEKNIK SUPERVISI | SKENARIO KEGIATAN | SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN | PENILAIAN DAN INSTRUMEN | RENCANA TINDAK LANJUT |
1 | Pengeloaan Sekolah | Membimbing KS dalam mengelola sekolah dengan baik dan hasil maksimal, dalam menyusun KTSP, Rencana Kerja Sekolah (RKS/RKT) dan pelaksanaannya | Kepala Sekolah menyusun KTSP, RKS/ RKT dan melaksanakannya sebagai pedoman dalam pengelolaan sekolah | a. Kunjun gan sekolah b. Studi dokumen c. Pengama tan dan wawancara | a. Tim melakukan pendampingan sesuai yang dijadwalkan untuk melaku kan pembimbi ngan dan pen dampingan penyusunan KTSP, RKS/RKT, dan memantau serta meng ealuasi pelaksanaannya | Kepala sekolah, guru dan karyawan, serta pengurus komite sekolah binaan yang dikunjungi sesuai dengan jadwal kunjungan pengawas sekolah. Permendikbud 61/2014 | Instrumen pemantauan standar pengelolaan | Coaching dan Mentoring dalam penyusunan KTSP, RKS/RKTpan monitoring serta evaluasi pelaksanaan KTSP, RKS/RKT |
2 | Pemantauan 8 SNP | Untuk mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif sesuai 8 SNP, dan membantu memberikan alternatif pemecahan masalah dengan sebaik-baiknya | Memenuhi pencapaian 8 SNP | a. Kunju-ngan sekolah b. Pembe-rian saran Pembinaan dan pengarahan | Tim secara berkelanjutan melakukan pembinaan terhadap sekolah untuk memenuhi 8 SNP dengan melakukan pembinaan dan mengarahkan pelaksanaan program sekolah sehingga tercipta sekolah yang memenuhi Standar Nasional. | Kepala sekolah dan dewan guru, serta pengurus komite sekolah binaan yang dkunjungi sesuai dengan jadwal | Instrumen pemantauan 8 SNP | Sekolah yang belum memenuhi 8 SNP didorong, dimotivasi secara terus menerus untuk melakukan perbaikan, peningkatan secara berkelanjutan dengan menggerakkan sumber daya yang ada untuk mencapai sekolah yang kondusif |
3 | Keterlaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah | Untuk mengefektifkan pengawasan dan evaluasi pengelolaan sekolah | Kepala sekolah menyusun rencana, melaksanakan supervisi akademik, menganalisis serta menindaklanjutinya | Kunjungan sekolah, pembimbingan dan pendampingan | Tim sekolah melakukan pembimbingan dan pendampingan saat kepala sekolah menyusun rencana, melaksanakan supervisi akademik, emnganalisa dan menindaklanjutinya | Kepala sekolah, Modul BPU dan supervisi akademik | Instrumen Supervisi akademik | KS yang blm menyusun perencanaan dan melaksanakan supervisi akademik, menganalisis dan menindaklanjutinya, diberikan motivasi dan pembinaan |
4 | Mengevalua si hasil pengawasan dan melaku- kan analisis analisis hasil pengawasan sekolah | Untuk menentukan kelemahan dan keberhasilan dalam pengawasan | Sekolah mencapai target sasaran kepengawasan sekolah | Analisis data hasil kepengawas an | Pengawas sekolah melakukan analisis data hasil kepengawasan, dan menyimpulkan hasil analisis data. | Data hasil pengawasan manajerial | Instrumen pengawasan yang telah terisi | Melakukan RTL |
5 | Menindaklanjuti hasil evaluasi pengawasan sekolah | Untuk meningkatkan kinerja tim serta kinerja gur dan kepala sekolah | Terjadi peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah | Pembuatan laporan | Tim melakukan evaluasi terhadap hasil pengawasan dalam kurung waktu 1 semester, mendata hasil yang perlu untuk ditindak lanjuti serta membuat rekomendasi hasil kepada Ketua Yayasan | Pengurus komite. Sekolah Perlu mengetahui apa yang harus ditangani selanjutnya | Instrumen evaluasi hasil pengawasan sekolah / analisiis hasil pengawasan seklah | Hasil evaluasi pengawasan sekolah untuk perbaikan selanjutnya |