22 October 2024

Yayasan Islam Nurul Madinah

Al-Madinah Pekanbaru

Pengawasan Manajerial

NoASPEKTUJUANINDIKATOR KEBERHASILANTEKNIK SUPERVISISKENARIO KEGIATANSUMBER DAYA YANG DIPERLUKANPENILAIAN DAN INSTRUMENRENCANA TINDAK LANJUT
1Pengeloaan SekolahMembimbing KS dalam mengelola sekolah     dengan baik    dan    hasil maksimal, dalam menyusun KTSP, Rencana      Kerja Sekolah (RKS/RKT) dan pelaksanaannyaKepala Sekolah menyusun KTSP, RKS/ RKT dan melaksanakannya sebagai    pedoman dalam pengelolaan sekolaha. Kunjun gan sekolah
b. Studi dokumen
c. Pengama tan dan wawancara
a. Tim melakukan pendampingan sesuai yang dijadwalkan untuk melaku kan pembimbi ngan dan pen dampingan penyusunan KTSP, RKS/RKT, dan memantau serta meng ealuasi pelaksanaannyaKepala sekolah, guru dan karyawan, serta pengurus komite sekolah binaan yang dikunjungi sesuai dengan jadwal kunjungan pengawas sekolah. Permendikbud 61/2014Instrumen pemantauan standar pengelolaanCoaching dan Mentoring dalam penyusunan KTSP, RKS/RKTpan monitoring serta evaluasi pelaksanaan KTSP, RKS/RKT
2Pemantauan 8 SNPUntuk mewujudkan kondisi    sekolah yang       kondusif sesuai    8    SNP, dan membantu memberikan alternatif pemecahan masalah dengan sebaik-baiknyaMemenuhi pencapaian 8 SNPa. Kunju-ngan sekolah
b. Pembe-rian saran Pembinaan dan pengarahan
Tim secara berkelanjutan melakukan pembinaan terhadap sekolah untuk memenuhi 8 SNP dengan melakukan pembinaan dan mengarahkan pelaksanaan program sekolah sehingga tercipta sekolah yang memenuhi Standar Nasional.Kepala sekolah dan dewan guru, serta  pengurus komite sekolah binaan yang dkunjungi sesuai dengan jadwalInstrumen pemantauan 8 SNPSekolah yang belum memenuhi     8 SNP didorong, dimotivasi secara terus menerus untuk melakukan perbaikan, peningkatan secara berkelanjutan dengan menggerakkan sumber daya yang ada untuk mencapai sekolah yang kondusif
3Keterlaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolahUntuk mengefektifkan pengawasan dan evaluasi pengelolaan sekolahKepala sekolah menyusun rencana, melaksanakan supervisi akademik, menganalisis serta menindaklanjutinyaKunjungan sekolah, pembimbingan dan pendampinganTim sekolah melakukan pembimbingan dan pendampingan saat kepala sekolah menyusun rencana, melaksanakan supervisi akademik, emnganalisa dan menindaklanjutinyaKepala sekolah, Modul BPU dan supervisi akademikInstrumen Supervisi akademikKS yang blm menyusun perencanaan dan melaksanakan supervisi akademik, menganalisis dan menindaklanjutinya, diberikan motivasi dan pembinaan
4Mengevalua si hasil   pengawasan dan melaku- kan analisis analisis hasil pengawasan sekolahUntuk menentukan kelemahan     dan keberhasilan dalam pengawasanSekolah mencapai target sasaran kepengawasan sekolahAnalisis data hasil kepengawas anPengawas sekolah melakukan analisis data hasil kepengawasan, dan menyimpulkan hasil                analisis data.Data            hasil pengawasan manajerialInstrumen pengawasan yang         telah terisiMelakukan RTL
5Menindaklanjuti hasil evaluasi pengawasan sekolahUntuk meningkatkan kinerja tim serta kinerja gur dan kepala sekolahTerjadi peningkatan kualitas guru dan kepala sekolahPembuatan laporanTim melakukan evaluasi terhadap hasil pengawasan dalam kurung waktu 1 semester, mendata hasil yang perlu untuk ditindak lanjuti serta membuat rekomendasi hasil kepada Ketua YayasanPengurus komite.
Sekolah Perlu mengetahui apa yang harus ditangani selanjutnya
Instrumen evaluasi hasil pengawasan sekolah / analisiis hasil pengawasan seklah Hasil evaluasi pengawasan sekolah untuk perbaikan selanjutnya