17 July 2024

Yayasan Islam Nurul Madinah

Al-Madinah Pekanbaru

Digitalisasi Sekolah

Pengertian Digitalisasi Sekolah

Digitalisasi sekolah adalah suatu intervensi dengan tujuan mendorong pengadaan layanan yang otomatis, cepat, serta terbuka, supaya berjalan beriringan dengan perkembangan di bidang teknologi dan informasi pada era digital ini.

Ini berarti, sekolah membutuhkan peningkatan dalam segi layanan di bidang pendidikan lewat pemanfaatan media-media digital. Hingga kini, program masih belum dapat berjalan secara merata karena adanya perbedaan kendala di lapangan.

Misalnya saja, SDM dan infrastruktur yang kurang memadai, terkhusus di sekolah-sekolah pada daerah pelosok. Di sana, jaringan internet masih sulit dijangkau.

Peran Digitalisasi Sekolah untuk Percepatan Pembelajaran

Program Sekolah Penggerak menjadi salah satu sarana dalam mendampingi akselerasi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia agar satu sampai dua tingkat lebih baik. Program ini menjadi katalis untuk bisa mewujudkan visi agar fokus pada perkembangan hasil belajar mereka secara holistik.

Selain itu, hasil belajar juga harus mencapai Profil Pelajar Pancasila. Karena itu, lima langkah intervensi holistik hadir dalam penerapan program ini.

Kelima intervensi yang dimaksud ialah pendampingan bersifat asimetris dan konsultatif, penguatan Sumber Daya Manusia di sekolah, belajar-mengajar memakai paradigma terbaru, perencanaan dengan basis data, serta digitalisasi sekolah.

Intervensi terakhir, atau digitalisasi sekolah, bergerak dengan pemanfaatan macam-macam platform digital untuk meminimalisir kerumitan, meningkatkan efisiensi, memperluas inspirasi, serta menyesuaikan pendekatan-pendekatan yang ada.

Tips Melakukan Percepatan Digitalisasi Sekolah

Bagaimana strategi atau tips agar sekolah-sekolah dapat turut dalam Program Sekolah Penggerak? Poin-poin berikut ini dapat menjadi cara paling dasar agar digitalisasi sekolah dapat diaplikasikan perlahan-lahan.

1. Buat Website Sekolah

Situs resmi dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk mengenalkan institusinya ke khalayak. Di dalam situs, staf dapat memasukkan informasi mengenai sekolah, berikut data-data mengenai murid, siswa, pegawai, bahkan alumni sebagai arsip yang dapat diakses oleh publik.

2. Implementasi Aplikasi Sekolah

Implementasi sekolah dapat diterapkan dengan digitalisasi pada sistem administrasi. Kebutuhan surat-menyurat tidak akan terasa merepotkan lagi dengan keberadaan aplikasi khusus ini. Tidak perlu membuang-buang kertas, karena template sudah tersedia di dalam aplikasi.

3. E-Learning

Indikator paling dasar dalam percepatan digitalisasi sekolah adalah pemanfaatan platform digital untuk pelaksanaan e-learning. Sistem ini akan membantu murid dalam mengakses semua bahan ajar yang diperlukan. Tidak hanya ketika jam pelajaran, namun kapan saja.

Di samping efisien bagi pengajar dan pelajar, sistem e-learning dapat pula dilengkapi dengan sistem ujian online, mulai dari skala sekolah hingga nasional. Poin ini dapat membuktikan bahwa institusi pendidikan mengalami kemajuan apabila berhasil diaplikasikan secara merata dan menyeluruh.

4. Perpustakaan Digital

Perpustakaan digital menjadi salah satu bentuk digitalisasi pendidikan, di mana buku-buku yang tersedia dapat diakses dan dipinjam tanpa melewati tahap administrasi yang rumit. Pemesanan dapat langsung didata dan terintegrasi dengan sistem peminjaman di sekola